SEJARAH MESIN ANJUNGAN TEKNOLOGI


Kiosk interaktif adalah terminal komputer yang menampilkan perangkat keras dan lunak khusus yang menyediakan akses ke informasi dan aplikasi untuk komunikasi, perdagangan, hiburan, atau pendidikan. Kiosk interaktif awal terkadang menyerupai bilik telepon, tetapi telah dianut oleh ritel, layanan makanan, dan keramahtamahan untuk meningkatkan layanan pelanggan. Kiosk interaktif biasanya ditempatkan dalam pengaturan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi seperti toko, lobi hotel, atau bandara. Integrasi teknologi memungkinkan kiosk untuk melakukan berbagai fungsi, berkembang menjadi kiosk swalayan. Misalnya, kiosk dapat memungkinkan pengguna untuk memesan dari katalog toko ketika barang tidak tersedia, memeriksa buku perpustakaan, mencari informasi tentang produk, mengeluarkan kartu kunci hotel, memasukkan nomor rekening tagihan utilitas publik untuk melakukan transaksi online, atau kumpulkan uang tunai sebagai imbalan barang dagangan. Komponen khusus seperti hopper koin, akseptor tagihan, pembaca kartu, dan printer termal memungkinkan kios memenuhi kebutuhan khusus pemilik.

 Kiosk interaktif swalayan pertama dikembangkan pada tahun 1977 di University of Illinois di Urbana-Champaign oleh seorang mahasiswa pra-kedokteran, Murray Lappe. Konten tersebut dibuat pada sistem komputer PLATO dan dapat diakses dengan antarmuka layar sentuh plasma. Panel layar plasma diciptakan di University of Illinois oleh Donald L. Bitzer. Kios Lappe, yang disebut The Plato Hotline memungkinkan siswa dan pengunjung menemukan film, peta, direktori, jadwal bus, kegiatan ekstrakurikuler, dan kursus. Ketika debut di U of Illinois Student Union pada April 1977, lebih dari
30.000 siswa, guru, dan pengunjung mengantre selama 6 minggu pertama, untuk mencoba tangan mereka di "komputer pribadi" untuk pertama kalinya.

Jaringan kiosk interaktif pertama yang berhasil digunakan untuk tujuan komersial adalah proyek yang dikembangkan oleh pengecer sepatu Florsheim Shoe Co., yang dipimpin oleh VP eksekutif mereka, Harry Bock, dipasang sekitar tahun 1985. Kios interaktif itu dibuat, diproduksi, dan disesuaikan oleh ByVideo Inc. dari Sunnyvale, CA. Jaringan lebih dari 600 kiosk menyediakan promosi gambar dan video untuk pelanggan yang ingin membeli sepatu yang tidak tersedia di lokasi ritel. Gaya, ukuran dan warna dapat dipilih, dan produk dibayar untuk kios itu sendiri. Transaksi dikirim ke mainframe Florsheim di St, Louis, MO, melalui saluran dialup, untuk pengiriman rumah atau toko hari berikutnya melalui Federal Express. Perangkat keras (termasuk komputer mikro, sistem tampilan, layar sentuh) dirancang dan dibangun oleh ByVideo, sementara komponen lainnya (seperti CRT, floppy disk, printer, keyboard, dan housing fisik) bersumber dari vendor lain. Materi videodisc dibuat setiap triwulan oleh ByVideo atas arahan Florsheim, di fasilitas produksi video ByVideo yang canggih di CA. Jaringan kiosk ini beroperasi selama lebih dari 6 tahun di lokasi ritel Florsheim. 

Pada tahun 1991, kios komersial pertama dengan koneksi internet ditampilkan di Comdex. Aplikasi ini untuk mencari anak-anak yang hilang. Dokumentasi sejati pertama kiosk adalah laporan 1995 dari Laboratorium Nasional Los Alamos yang merinci apa yang terdiri dari kios interaktif. Ini pertama kali diumumkan di comp.infosystems.kiosks oleh Arthur, moderator usenet asli.

Pada tahun 1997, KioskCom diluncurkan untuk memberikan pameran dagang bagi organisasi yang ingin menggunakan kiosk swalayan interaktif, dan terus menyediakan layanan ini hingga hari ini. Pameran dagang ini terjadi dua kali setahun, dan menawarkan perusahaan pendidikan dan demonstrasi untuk penyebaran mandiri yang berhasil.

Perusahaan pertama yang meluncurkan program kiosk interaktif di seluruh negara bagian adalah Imperial Multimedia pada 2007. Imperial Multimedia memasang kios interaktif di 31 Taman Negara Bagian Virginia dan kios elektronik ini mencakup tinjauan taman, peta yang dapat dicetak, titik arah, tempat menarik, tur video jalan setapak, dan informasi darurat.

Kiosk hari ini menyatukan mesin penjual otomatis klasik dengan komunikasi berteknologi tinggi dan robot yang rumit dan internal mekanik. Kiosk interaktif semacam itu dapat mencakup jalur checkout sendiri, e-ticketing, informasi dan pencarian arah, dan penjual. Kios elektronik telah menjadi bagian yang lebih besar dari lanskap ritel karena pengguna merangkul teknologi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu contoh bisnis kiosk ritel yang kuat adalah Redbox, perusahaan kios rental film. Redbox sebelumnya adalah anak perusahaan dari Outerwall, Inc., perusahaan terkenal lainnya yang populer untuk kiosk Coinstar.



Telp. 0274 4353 767 
Hot line WA. 0813 2593 2593






No comments

PT KAHASTAMAN ABIDEL SAAMPIRI
Kantor : Jl. Kemasan no 27 Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta
Pabrik : Jl. Kemasan No 27 Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta

Telp. 0813 2593 2593